Membuat Controller Pada Laravel

Controller pada laravel merupakan jembatan atau penghubung antara view dan model. Jadi secara mudahnya, controller bisa kita pahami sebagai pengatur view dan model. Controller sendiri biasanya berperan sebagai pengolah data.

Mungkin di beberapa contoh kasus, kita memerlukan penerapan logika atau pengolahan data, maka controller lah yang berperan, baru kemudian di tampilkan ke bagian view (user interface) aplikasi atau project kita.

Controller laravel berada di dalam folder app/Http/Controllers/

Cara Membuat Controller Laravel

Ada 2 cara membuat controller pada laravel, yang pertama kita bisa membuat controller laravel dengan cara membuat langsung file controller barunya dalam folder app/Http/Controllers/. dan cara yang kedua kita bisa menggunakan perintah php artisan dari laravel.

Cara Pertama

Kita mulai dengan cara yang pertama, yaitu membuat controller laravel dengan membuat langsung file controller barunya dalam folder controllers. disini kita akan mengikuti format penulisan di laravel, jadi kita akan membuat nama controller nya dengan huruf besar (kapital) di awal nama controllernya.

Misalnya disini kita akan membuat file controller pegawai, buat file baru dengan nama PegawaiController.php dalam folder controllers.

Perhatikan syntax diatas, pada syntax di atas kita mendeklarasikan class controller PegawaiController, dengan wajib meng-extends Controller dari laravel.

dan perhatikan penulisan classnya, kita wajib menuliskan nama file controller pegawai dengan benar.

Cara Kedua

Cara kedua untuk membuat controller pada laravel ialah kita bisa membuat controller laravel dengan mudah menggunakan php artisan.

Inilah salah satu fitur keren dari laravel, kita bisa membuat dan mengontrol project kita dengan bantuan php artisan.

php artisan adalah fitur unggulan yang ada pada laravel, yang dibuat untuk memudahkan kita dalam pengembangan menggunakan laravel.

Ada banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan php artisan, coba ketik php artisan pada terminal, maka akan tampil perintah-perintah yang tersedia di php artisan.

Yang salah satunya kita bisa membuat controller secara otomatis menggunakan perintah php artisan. nanti akan ada banyak lagi yang akan saya jelaskan pada tutorial berikutnya.

Sekarang kita akan mencoba membuat controller baru lagi dengan menggunakan perintah php artisan. kita akan membuat controller dengan nama DosenController.php

Pertama buka dulu terminal atau command prompt (CMD) teman-teman dan langsung masuk ke direktori project laravel kita kemudia masukan perintah berikut

Perintah make:controller di atas adalah perintah php artisan untuk membuat controller. dan DosenController adalah nama controller yang ingin kita buat.

Maka controller DosenController.php akan di buat secara otomatis.

Cara Menggunakan Controller Laravel

Di contoh ini kita akan membuat contoh penggunaan controller yang sederhana, kita akan memanggil controller dari route.

Kita akan membuat route baru pada file web.php untuk mencoba mengakses atau memanggil controller dari route. dan ketikan perintah berikut.

Perhatikan syntax di atas, syntax route di atas maksudnya adalah, pada saat url "dosen" di akses, maka kita memerintahkan untuk menjalankan method/function index yang ada dalam controller DosenController.

Karena controller DosenController masih kosong, maka yuk kita bikin method atau function index dalam controller DosenController.

Sehingga keseluruhan isi file DosenController.php akan menjadi :

Oke teman-teman, seperti yang sudah kita tetapkan pada Route dosen, pada saat route dosen di akses, maka yang dijalankan adalah methode/function index yang ada dalam controller DosenController.php

Sekarang coba jalankan pda web browser untuk melihat hasilnya. Akses alamat http://localhost:8000/dosen

Nah, sesuai dengan yang kita buat dalam function index dalam controller DosenController, kita me-return string "halo ini adalah methode index, dalam controller DosenController"

No comments

Powered by Blogger.