Apa Yang Harus Dilakukan Apabila Kartu Kredit Kamu Kena Bobol ?


Tidak semua orang bisa bersikap tenang ketika mendapati kartu kredit milik sendiri kena bobol dan digunakan transaksi oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan semena mena.

Kemarin tengah malam saya mendapati notifikasi pesan ke ponsel saya yang mengatakan bahwa telah terjadi transaksi menggunakan kartu kredit, sontak saya kaget karena saya tidak merasa melakukan transaksi pada saat itu, namun dengan perasaan tenang saya masih bisa berpikir jernih sehingga langsung membuka mbangking untuk mengecek histori transaksi dan benar saja telah terjadi transaksi yang tidak saya kenali.

Ini pertama kalinya saya mendapati peristiwa seperti ini namun dengan cepat tanggap saya langsung melakukan pemblokiran melalui mbanking dengan harapan kartu kredit milik saya tidak mendapati transaksi yang tidak dikenali lagi dan tentunya semoga transaksi yang sebelumnya terjadi bisa di batalkan.

Setelah menunggu beberapa jam tidak ada perubahan sama sekali terhadap mbangking dan kartu kredit saya membuat saya cukup gelisah dan akhirnya memutuskan untuk menghubungi call center penerbit kartu kredit.

Singkat cerita setelah dilakukan pengecekan ternyata benar saja kartu kredit saya telah dibobol oleh orang lain dengan bukti histori beberapa transaksi yang gagal dikarenakan limit tidak mencukupi namun sayangnya ada satu transaksi yang berhasil dilakukan oleh pencuri tersebut dengan nominal yang cukup lumayan besar.

Setelah dilakukan pengecekan pihak penerbit kartu kredit akan melakukan pemblokiran terlebih dahulu agar kartu kredit aman tidak disalah gunakan, langkah kedua kita bisa membuat surat pernyataan untuk menyanggah transksi yang tidak dikenali tersebut dan nantinya akan dilakukan investigasi oleh pihak penerbit, apabila terbukti kartu kita dibobol maka kita akan dibebaskan dari tagihan transaksi yan tidak dikenali tersbut.

Langkah terakhir pihak penerbit kartu kredit akan menerbitkan ulang kartu baru untuk mengganti kartu dengan data data transaksi dan tagihan yang ada pada kartu lama.

No comments

Powered by Blogger.