Cara Mudah Melacak Masalah Koneksi Internet Dengan PingPlotter

Memantau kestabilan koneksi internet dan melacak permasalahanya sudah tentu menjadi tugas sehari hari dan jobs desk pekerjaan sebagai IT Staff, begitupun dengan saya sendiri hal itu sudah menjadi rutinitas pagi hari saya sebelum semua aktifitas kerja dimulai.

Ketika keadaan koneksi tidak sedang baik (tidak stabil) berarti tugas saya untuk mencari sumber masalahnya dan kemudian mengambil langkah yang tepat harus dilakukan untuk mengatasi problem yang sedang terjadi tersebut.

Pertanyaanya bagaimana cara saya untuk mencari sumber dari suatu masalah koneksi internet ?

Sebetulnya untuk menangani masalah koneksi internet kita bisa meminta bantuan kepada customer service ISP penyedia dan nanti kita akan diarahkan untuk tindakan apa yang harus dilakukan, namun tidak semua ISP berbaik hati menawarkan bantuan seutuhnya secara langsung.

Ada beberapa ISP yang membutuhkan bukti bukti dari kita sebagai client untuk mempermudah mereka memperbaiki masalah koneksi tersebut.

Dulu biasanya saya melacak permasalahan koneksi dengan menggunakan ping dan tracert namun ternyata cara tersebut mempunyai beberapa kelemahan seperti tampilah yang susah untuk dipahami dan juga tidak ada riwayat pengecekan yang dapat dibandingkan.

Dari kelemahan tersebut akhirnya bisa mengakibatkan kita kesusahan untuk menjelaskan situasi yang sebenarnya sedang terjadi kepada customer service ISP, maka dari itu saya memerlukan tools yang lebih mudah dimengerti secara visual dan mudah pula untuk dijelaskan.

Kemudian saya coba ngobrol ngobrol dengan teman saya yang juga seorang lulusan IT dan dia menyarankan  untuk menggunakan aplikasi yang bernama PingPlotter.

Dengan PingPlotter kita tinggal mengisikan alamat IP atau Website dan menjalankan cek koneksi internet. Nantinya akan muncul daftar IP address dan nama hostnya, semuanya terdeteksi pertahap sampai kepada tujuan, per tahap tersebut biasa disebut hop (lompatan) dan yang paling penting adalah nilai responya karena percuma ada koneksi jika responya tinggi, dijamin internet bakal putus nyambung.

CARA MEMBACA PINGPLOTTER


Untuk cara membacanya cukup mudah yaitu tinggal lihat grafik yang keluar seperti pada gambar diatas apabila muncul grafik merah itu tandanya tidak ada respon yang terjadi (error), kemudian setelah itu kita cari dimana letak errornya.

Pada gambar diatas hop 1,2, dan 3 adalah jaringan lokal apabila muncul grafik merah disana artinya sumber masalah ada di jaringan kita seperti misalnya modem, router, atau LAN.

Hop 4,5, dan 6 adalah jaringan internasional apabila muncul grafik merah artinya sumber masalah adalah dari ISP nya, silahkan kamu hubungi ISP untuk memperbaikinya.

Hop ke 7 (terakhir) adalah alamat IP tujuan apabila muncul grafik merah artinya masalah ada di server ip atau website yang sedang kamu tuju tersebut.

Baiklah sekian dulu pembahasan hari ini, apabila kamu ingin mecoba aplikasi PingPlotter silahkan kamu download aplikasinya disini.

No comments

Powered by Blogger.