Persiapan Belajar Laravel

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum belajar Laravel. Apa sajakah itu ? Berikut jawabanya. 

Anda tidak bisa membuat mie instant tanpa mengetahui cara merebus air. Demikian juga dengan Laravel. Ada beberapa basic knowledge yang perlu anda ketahui untuk bisa menggunakan framework ini.

1. Penggunaan HTML / CSS

Yang pertama, HTML dan CSS. HTM dan CSS lmerupakan dasar untuk membuat tampilan dan struktur alias front-end website.

Dengan kata lain, HTML dan CSS membentuk kulis dan tulang website. Sedangkan untuk membangun otak alias logikanya, Anda bisa menggunakan PHP.

2. Dasar Penggunaan PHP

Untuk belajar Laravel secara mendalam, pemahaman akan PHP sangat penting. Sebab, ini bahasa pemrograman yang Laravel gunakan.

PHP adalah bahasa pemrograman dengan sistem server-side. Jadi, tugas PHP yaitu membangun back-end alias pemrograman pada sisi server.

Biasanya, PHP disisipkan kedalam dokumen HTML dan dipadukan dengan bahasa pemrograman lain seperti CSS.

3. Dasar Framework MVC

Laravel menggunakan konsep MVC. MVC atau Model-View-Controller adalah konsep yang memisahkan aplikasi web menjadi tiga bagian:

  • Model merupakan representasi dari database, table, ikon, dan file lainya. Fungsinya untuk mengelola data, logika, dan pengaturan aplikasi.
  • View bertugas menyajikan tampilan yang bisa dipahami manusia sesuai perintah controller.
  • Controller berperan menghubungkan model dengan view. Controller akan menerima input dari view, mengolah komputasi dan data, kemudia memberikan respons untuk ditampilkan oleh view.
Dengan pemisah antara tampilan (front-end) dengan controller (back-end), Anda akan lebih memahami bagaiman Laravel memproses setiap file dan resource yang digunakan.

Menyiapkan Kebutuhan Server

Sebelum memasang Laravel, Anda harus menyiapkan kebutuhan server. Sebab, proses instalasi Laravel akan dilakukan pada web server.

Web server yaitu sistem komputer untuk menyimpan data dan file penunjang website agar dapat ditampilkan pada web browser. Server ini akan Anda gunakan untuk men-deploy atau mengimplementasikan program.

Untuk pemula bisa menggunakan XAMPP sebagai solusi yang ingin menjalankan web server dan database di localhost komputer.

No comments

Powered by Blogger.