Wednesday, 13 February 2019

Memperbaiki Masalah Critical Service Failed Windows


Sudah lama gw gak menemukan error atau permasalahan mengenai bluescreen ya dan eh ternyata baru beberapa hari ini gw alami lagi nih yang namanya BSOD atau bluescreen kali ini bluescreen yang keluar memiliki pesan error "Critical Service Failed".

Ayo kita bahas apa itu , penyebab, dan cara mengatasi BSOD Critical Service Failed. Oh ya sebelumnya gw sudah browsing kesana sini dan alhamdulillah gw tidak menemukan satupun situs atau blog indonesia yang membahas BSOD ini dengan lengkap dan detail.
 

 Gambar hasil gw browsing

Awal yang sangat penting untuk mengidentifikasi sistem yang disebabkan ? penjelasan apaan tuh gk jelas banget wkwk 😂.

Penjelasan & Penyebab


Critical Service Failed adalah sebuah kesalahan yang biasanya disebabkan oleh driver perangkat yang hilang atau rusak, atau bisa juga disebakan karena masalah ketidak cocokan antara perangkat keras dengan driver yang baru diinstall.

Lebih singkatnya inti dari permasalahan Critical Service Failed ini muncul dari suatu driver yang hilang rusak atau tidak kompatibel.

Dampak Yang Muncul


Kalo dilihat dari dampaknya BSOD ini sangat sangat mengganggu sekali terutama untuk orang awam seperti gw yang kurang paham akan kerusakan komputer dan karena BSOD ini sampai sampai gw hampir saja mau melakukan intall ulang laptop gw saking bingungnya mengatasi error ini 😂.
 
Dampak yang muncul apabila terjadi BSOD Critical Service Failed berdasarkan pengalaman gw pribadi yaitu gw tidak bisa masuk ke windows dan terus menerus stuck di BSOD tersebut walaupun gw sudah restart berulang kali dan mencoba masuk kedalam safe mode namun hasilnya tetap sama.

Baca Juga : Mengatasi Bluescreen Driver_Irql_Not_Less_or_Equal

Memperbaiki Critical Service Failed


Untuk memperbaiki BSOD Critical Service Failed cukup mudah yaitu dengan merestore komputer kekeadaan komputer saat baik baik saja tujuanya untuk mengembalikan driver yang rusak atau hilang, selain itu bisa juga menguninstal driver yang baru saja diinstall apabila penyebabnya driver yang tidak cocok atau uncompatible dengan perangkat kerasnya.

Lalu bagaimana cara merestore komputer atau menguninstall driver sedangkan gw gak bisa masuk ke windows ?

Untuk sementara lo bisa booting dan masuk ke windows dengan mode disable driver signature enforcement. caranya gw ambil kasus gw pribadi dengan menggunakan os windows 10.

Ketika lo gagal merapair otomatis dan merestart komputer sehingga kembali ke BSOD Critical Service Failed maka akan muncul sebuah tombol "Advanced Option" didalam tombol tersebut ada beberapa pilihan dan pilihlah "Troubleshoot" didalam troubleshoot lo pilih "Advanced Option" lanjut setelah itu pilih tombol "Startup Settings" Kemudia "Restart".

Ketika selesai merestart lo secara otomatis akan diarahkan ke Startup Setting dan disuruh memilih mode yang akan kamu gunakan, nah disini kamu pilih mode Disable Driver Signature Enforcement. Dari sini sistem akan merestart ulang kembali dan kali ini seharunya lo sudah bisa masuk ke tampilan windows 10 serta lanjut ke langkah cara memperbaiki Critical Service Failed dengan restore komputer atau uninstall driver baru. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Bluescreen Video_TDR_Failure atikmpag.sys

Masih bingung ? coba tonton video yang satu ini


Baiklah sepertinya penjelasan mengenai masalah Critical Service Failed gw cukupkan sampai disini dan sampai jumpa lagi di artikel gw berikutnya.

Thanks


EmoticonEmoticon